Tuesday, December 11, 2012

Sometime-Sometimes dan Beside-Besides

Dalam usaha mempelajari bahasa Inggris, terkadang kita menemukan beberapa kata yang "terlihat" mirip sehingga agak membingungkan penggunaannya. Diantaranya adalah SOMETIME dengan SOMETIMES, dan BESIDE dengan BESIDES. Mau tahu perbedaannya? Check this out!


1. Sometime and Sometimes
    Example: 
    (a). "Please, come to visit us sometime"
    (b). "Sometimes, I visit my uncle in Seattle"

    Explanation:
    Pada contoh diatas, kalimat (a) menggunakan sometime, dan kalimat (b) menggunakan sometimes. Hmm,..kira-kira dimana ya perbedaannya? Teman-teman, sometime dalam bahasa Inggris penggunaannya menunjukkan arti "KAPAN-KAPAN", atau istilah grammar-nya "expressing unsure time in future". Jadi kalau kita artikan contoh (a) di atas; artinya kurang lebih: "Silahkan mampir kapan-kapan". 
Nah adapun contoh (b), menggunakan sometimes. Dalam bahasa Inggris, sometimes ini penggunaannya menunjukkan arti "KADANG-KADANG". Jadi kalau kita terjemahkan bebas, contoh pada (b) adalah: "Kadang-kadang saya mengunjungi paman saya di Seattle"


2. Beside and Besides
    Example:
    (a). "My home is beside Mr. Arif's"
    (b) "Besides me, there is another boy here"

    Explanation:
    Beside (dengan tanpa -s) dalam bahasa Inggris digunakan untuk menunjukkan arah dan tempat/lokasi. Dalam hal ini, beside artinya adalah DI SAMPING. Jadi terjemahan bebas dari contoh (a) di atas adalah: "Rumah saya di samping rumah Mr. Arif"
Untuk contoh (b), menggunakan besides. Dalam bahasa Inggris, besides itu artinya adalah SELAIN / DISAMPING ITU, LAGI PULA. Jadi kalau contoh (b) kita terjemahkan atinya kurang lebih: "Selain saya, disana juga ada seorang anak yang lain"
Contoh lain:
"I don't agree to trip to Bandung. It's too costly,..and besides we have only one day left"
Artinya kurang lebih:
"Saya tidak setuju untuk jalan-jalan ke Bandung. Terlalu tinggi biayanya,..dan disamping itu waktu yang kita punya hanya tinggal satu hari."

No comments:

Post a Comment